Sekilas tentang buku Invasi politik dan peradaban

Disaat seperti ini, yup bisa dibilang ini saat yang bener-bener enggak jelas. Mau begimana lagi, ini adalah hari abut di saat sudah libur dari hari kamis. Bisa dibayangkan bahwa ini adalah hari ke 3 dimana tidak ada suatu jadwal yang jelas. Kalau mau berargumen tentang jadwal yang jelas sih ya sebenernya ada kejaran lainnya yang pastinya memang harus segera diselesaikan. Yup sebut saja TA. Namun kali ini tentusaja saya tidak sedang ingin membahas tentang si-ta itu.

Saat ini saya akan membahas sekilas sebuah buku berjudul “Invasi Politik dan Budaya” karangan Salim Fredericks. Dalam halaman peretama kita sudah dibuat mengiyakan dan setuju dengan statement awalnya. “ Perjalanan sejarah menunjukkan bahwa kekuatan suatu imperium dapat dibangun dari berbagai sisi, seperti angkatan bersenjata yang kuat, pemerintahan yang efisien, kesejahteraan ekonomi, maupun kepemimpinan yang hebat. Namun demikian, salah satu kekuatan imperium yang tidak banyak diketahui manfaatnya dalam mempersatukan seluruh potensi rakyat adalah kebudayaan mereka”. Sebuah kebudayaan amat sangat berpengaruh terhadap cara hidup suatu masyarakat ataupun suatu peradaban dimana kebudayaan itu berkembang.

Sebelum menyentuh pembahasan mengenai kebudayaan dan budaya itu sendiri, pembaca akan dibuat benar-benar setuju dengan hakikat kebahagian itu sebenarnya. Kebahagiaan tidak akan dapat dicapai dengan kebebasan tanpa batas yang hanya difokuskan pada kenikmataan dunia semata. Kebahagiaan akan dapat dicapai ketika kita memahami dengan benar apa tujuan kita hidup dan akan kemana kita setelah kehidupan ini. Yup pada buku ini, kebahagian didasarkan pada segala hal yang kita kerjakan untuk mencapai ridha Allah swt. Ketika kita melakukan segala sesuatu atas dasar mengharapkan ridha Allah swt, apapun hasil yang kita terima, kita akan dapat mengambil hikmah dari proses yang ada. Betapa kebahagiaan itu amat sederhana ketika kita benar-benar memahami tujuan dan visi kehidupan kita ^^.

Nah berhubung bacanya baru sampai bab ini, bab lanjutannya akan dibahas kemudian ya ^^, kalau penasaran kelanjutannya, bisa langsung dibaca sendiri aja bukunya, yuhu~

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s